Macam Macam Jus dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Kita ~ Jus

Macam Macam Jus dan Manfaatnya

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau CDC, porsi buah harian yang direkomendasikan untuk orang dewasa adalah 1 1⁄2 hingga 2 cangkir, sedangkan 2 hingga 3 cangkir untuk sayuran.


Namun, banyak orang kesulitan untuk memenuhi persyaratan tersebut karena berbagai alasan. Beberapa memiliki masalah pencernaan sementara yang lain tidak memperhatikan porsi buah dan sayuran mereka.

Selama bertahun-tahun, jus buah dan sayuran menjadi populer karena siapa pun bisa mengonsumsi sebotol saat bepergian. Jus ini juga berfungsi sebagai solusi bagi seseorang yang memiliki masalah pencernaan.

 

manfaat jus
aneka jus

Namun konsumsi jus belum terbukti benar-benar menggantikan asupan buah dan sayuran utuh dalam hal nilai gizinya karena proses pembuatan jus akan menghilangkan sebagian besar serat. Namun, jus dapat membuat persentase dari apa yang tidak Anda konsumsi berdasarkan asupan harian yang direkomendasikan.

Beragam Jus Dan Manfaatnya


Jus prune

Prune berasal dari plum kering. Tiga jenis plum digunakan untuk menghasilkan plum: Prunus domestica, yang merupakan prem Eropa, kemudian Prunus Americana, dan Prunus salicina. Prune terkenal karena efeknya sebagai pencahar. Sebuah ulasan yang diterbitkan dalam jurnal 2014 berjudul Alimentary Pharmacology and Therapeutics menemukan bahwa konsumsi plum mengobati sembelit lebih efektif daripada psyllium husk. Psyllium adalah pengobatan bebas resep yang terdiri dari serat larut untuk menyembuhkan sembelit.

Manfaat lain dari minum jus prune adalah membuat Anda merasa kenyang. Ini ada hubungannya dengan serat larutnya, yang memperlambat pencernaan seseorang. Selain itu, ia memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti kadar gula meningkat dengan lambat. Dengan ini, seseorang mungkin pergi untuk waktu yang lama tanpa merasa lapar, sehingga membantu seseorang yang mencoba untuk mengontrol asupan makanannya.

jus apel

manfaat jus
jus apel


Pepatah lama dan masih terkenal, "Sebuah apel sehari menjauhkan dokter," memang benar artinya. Apel adalah salah satu pembersih tubuh paling ampuh. Ini mengandung pektin, yang merupakan diuretik alami, dan membersihkan usus seseorang.

Apel juga mengandung quercetin, phloridzin, catechin, dan lainnya yang membantu melawan kanker payudara dan penyakit kardiovaskular. Dengan fitonutriennya, ini membantu dalam pengobatan diabetes. Kandungan serat dan potasium yang tinggi dalam apel membantu pasien rematik dan rematik juga.

jus jeruk

manfaat jus
jus jeruk


Ini adalah jus paling populer yang biasanya disajikan saat sarapan. Popularitasnya dapat dikaitkan dengan ketersediaan buah hampir sepanjang tahun. Buah jeruk dikenal kaya vitamin C, folat, dan kalium. Satu porsi 240 ml jus jeruk kira-kira menyediakan 67% dari RDI atau Reference Daily Intake. Pastikan menggunakan cold press juicer untuk mengekstrak sari buah agar nutrisinya tetap utuh.

Jus jeruk juga mengandung antioksidan seperti karotenoid, asam askorbat, dan flavonoid. Antioksidan ini mengurangi kerusakan oksidatif.

Jus anggur

manfaat jus
jus anggur


Anggur dianggap sebagai salah satu sahabat hati Anda. Fitonutrien stilbene yang disebut Resveratrol ditemukan dalam anggur, dan bertanggung jawab untuk meningkatkan fungsi endotel, memodifikasi lipid darah, dan menahan peradangan, sehingga menjaga sistem kardiovaskular Anda tetap sehat.

Ia juga memiliki antosianin, yang memberikan pigmen yang kaya, dan antioksidan yang dipercaya dapat meningkatkan fungsi otak.

Jus cranberry


Para ahli menganggap buah cranberry sebagai buah yang serbaguna karena fitonutrien yang merupakan senyawa tanaman terdapat pada jus cranberry. Jus ini, dengan kandungan anti-inflamasi dan antioksidan yang tinggi, dikenal dapat melawan infeksi saluran kemih atau ISK. Secara tradisional, seseorang diharuskan minum satu hingga dua gelas jus cranberry murni setiap hari.

Jus alpukat


Buah alpukat, juga dikenal sebagai pir aligator, adalah pembangkit tenaga listrik dalam hal nutrisi karena merupakan salah satu dari sedikit buah dengan jumlah lemak sehat yang tinggi dan kandungan karbohidrat yang rendah. Karena alpukat juga tinggi vitamin C dan E, itu cocok untuk memperkuat sistem kekebalan seseorang. Sama seperti yang lain, ia juga memiliki potasium yang membantu menjaga tingkat tekanan darah.

Buah alpukat mengandung antioksidan tingkat tinggi, lutein, dan zeaxanthin, yang mencegah katarak dan membantu kesehatan mata seseorang.

manfaat jus
jus sayuran

Jus Dan Manfaatnya


1) Jus Semangka. Terdiri dari lebih dari 90% air, jus ini adalah salah satu pilihan paling menghidrasi yang dapat Anda temukan dan mengandung antioksidan yang membantu mengurangi kemungkinan penyakit jantung, kanker, dan tekanan darah tinggi. Minumlah sambil berolahraga — citrulline membantu mengurangi nyeri otot dan menurunkan kemungkinan peradangan (bonus: asam amino juga merupakan penguat libido alami untuk pria). Pilihan kami: WTRMLN WTR.

2) Jus Delima. Sebagai bom antioksidan, jus delima mengandung vitamin E dan C untuk membantu mengurangi kerutan dan melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Jus buah delima juga membantu meminimalkan peradangan dan fitokimia dalam buah menghentikan pertumbuhan aromatase, salah satu enzim utama yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan kanker payudara.

manfaat jus
macam macam jus


3) Jus Blueberry. Kandungan flavonoid dan antioksidan penangkal penyakit yang tinggi dalam jus blueberry dapat membantu mengurangi kemungkinan penyakit Alzheimer dan gangguan kesehatan mental lainnya. Sebuah studi yang dilakukan di University of Cincinnati menemukan hubungan antara jus blueberry dan penuaan kognitif — hasil menyimpulkan bahwa mereka yang mengonsumsi jus blueberry mendapat skor lebih tinggi pada tes memori dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi minuman plasebo. Konsumsi juga dapat mencegah diabetes dan meningkatkan jumlah oksida nitrat dalam tubuh, yang membantu menurunkan tekanan darah.

4) Jus Grapefruit. Sempurna untuk musim pantai, jus jeruk bali membantu melepaskan retensi air berlebih, meningkatkan metabolisme, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pilihlah warna merah rubi untuk mengatur berat badan dan mengontrol gula darah.

5) Jus Cranberry. Kaya akan antioksidan dan vitamin C, jus cranberry dianggap sebagai pembangkit tenaga anti-inflamasi. Ini dikenal untuk membantu mencegah batu ginjal, gigi berlubang dan menangkis infeksi saluran kemih.

6) Jus Jeruk. Jus jeruk paling baik untuk memberi tubuh banyak vitamin C. Minumlah untuk sistem kekebalan yang sehat dan untuk melawan radikal bebas penyebab kerusakan. Mengkonsumsi gelas delapan ons juga dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

manfaat jus
jus wortel    



Kesimpulan

Konsumsi buah-buahan dan integrasinya ke dalam makanan sehari-hari setiap orang tidak dapat dinegosiasikan karena nutrisi yang mereka bawa. Jika Anda tidak memiliki kemewahan untuk memetik buah-buahan segar setiap hari untuk makanan harian Anda, Anda dapat memilih jus buah yang baru disiapkan. Anda dapat memilikinya saat Anda dalam perjalanan ke kantor atau saat Anda sedang berolahraga. Terserah Anda untuk melakukan upaya sadar untuk memenuhi kebutuhan makanan harian yang Anda rekomendasikan.

LihatTutupKomentar