Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak ~ Diskusi Kopi

Berikut ini beberapa ulasan singkat tentang cara membuat dan menikmati kopi hitam yang enak dan nikmat. Langsung aja kuy lihat pembahasannya dibawah ini:

Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Sekilas Tentang Menikmati Kopi

 

Ingatkah Anda saat pertama kali mencoba kopi?

Saya ingat itu adalah minuman yang sangat pahit dan rasanya tidak enak. Sepuluh tahun kemudian sekarang saya terobsesi dengan kopi, aneh bukan…

Masalahnya... kopi adalah minuman yang pahit dan terlebih lagi bila diseduh dengan buruk atau dibuat dengan bahan-bahan murah. Itulah mengapa kami memasukkan semua krim, gula, dan susu di atasnya untuk membuatnya enak.

Lantas, bagaimana cara membuat kopi hitam yang rasanya enak?

Hal pertama yang harus disadari adalah bahwa kebanyakan kopi yang dibuat dan dijual, bahkan di kedai kopi, cukup biasa-biasa saja, dan dibuat enak dengan tambahan krim, gula, susu, dan makanan pendamping lainnya dalam jumlah yang banyak.

Pembuatan kopi hitam yang baik dilakukan dengan mengikuti prinsip-prinsip pembuatan kopi yang baik. Poin utamanya adalah menggunakan biji kopi yang baru disangrai dengan kualitas yang baik, menggunakan penggiling untuk menggilingnya sendiri, memantau minuman dan menyesuaikannya untuk menghindari rasa buruk seperti asam dan pahit serta memiliki metode penyeduhan kopi yang solid.


Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Jika tampaknya banyak yang perlu dipahami maka jangan panik, itu normal. Saya telah memisahkan masing-masing poin tersebut menjadi bentuk yang lebih mudah dicerna di artikel ini. Saya minum hampir setiap kopi yang saya buat dan saya sebenarnya lebih suka seperti itu.

Dan tidak selalu seperti ini, saya membutuhkan gula pada awalnya untuk membuat kafein pagi saya bisa diminum dan saya tidak berpikir saya akan pernah bisa melepaskan setetes susu yang menyeimbangkan kopi saya.


Berikut ini cara membuat kopi hitam yang enak menurut saya tapi ya…

 

Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

 

1. Beli Biji Kopi Dari Toko Khusus Kopi Independen

 

Saya tidak tahu dari mana Anda, pembaca yang sangat tampan dari artikel ini, berasal dari istilah penyiapan kopi Anda saat ini. Mungkin Anda seorang peminum kopi instan, atau mungkin Anda membeli kopi preground dari toko bahan makanan.

 

Apa pun itu, perubahan terbesar yang dapat Anda lakukan adalah membeli biji kopi langsung dari tempat khusus penjual kopi. Di sinilah keajaiban berada. Berjalan menyusuri lorong kopi di toko mana pun dan Anda akan melihat tas, kotak, dan kaleng kopi, atau biji utuh…, yang dipajang didepan toko kopi tersebut ya kan?

 

Yang tidak disadari banyak orang adalah kopi memiliki 'peak flavor' yang bertahan antara 15-30 hari. Setelah ini, ini akan mempertahankan beberapa rasa umum yang melekat pada biji kopi tetapi akan kehilangan rasa kopi yang baru dipanggang.

 

Peminum kopi yang paling berpengalaman akan merasakan kopi basi dan merasakan bahwa kopi yang Anda buat tidak bernyawa dan biasa-biasa saja.

 

Mengapa ini membuat kopi hitam terasa lebih enak? Nah, pernahkah Anda memperhatikan tasting note yang ada di bagian samping tas biji kopinya? Biasanya di dalam dus biji kopinya terdapat informasi tentang kandungan kopi tersebut terdiri dari apa saja, pilih yang sesuai selera anda, kopi itu memiliki banyak sekali cita rasa, memang dari segi warna mungkin itu-itu saja, tapi dari segi rasa berbeda…bener deh.

 

Kopi memiliki jumlah flavenoid yang luar biasa yang dapat menciptakan rasa buah atau kacang atau manis atau bunga yang luar biasa yang dapat mengubah kopi hitam Anda menjadi negeri ajaib rasa.

Dan terlebih lagi adalah memanfaatkan semua hal baik yang Anda butuhkan untuk meminum kopi hitam Anda, menambahkan krim hanya akan menghilangkan semua rasa yang luar biasa itu!

 

Jadi, bagaimana Anda tahu kopi itu segar? Nah, kuncinya adalah mencari tanggal biji kopi tersebut yang ada di kardus kopinya. Ini menandakan bahwa sang roaster peduli dengan kesegaran kopi dan berniat menjualnya di dalam tokonya dalam keadaan segar

 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

*Jangan terlalu dekat dengan tanggal expired, sebisa mungkin tanggal yang diambil belum lama dari tanggal awal yang tertera di kardusnya agar masih fresh banget.

 

Tidak ada tanggal panggang? Mungkin sudah disimpan di gudang dan kontainer pengiriman selama berbulan-bulan sebelum Anda mendapatkannya. Biasanya ini yang sering kita lupa sebagai penikmat kopi tidak make sure tanggal kopinya akhirnya kenikmatan kopi ga maksimal kita dapat

 

Atau jika tidak ingin ribet kalian bisa beli juga roast mesin kopinya sendiri jadi tinggal kalian pilih biji kopinya untuk dibuat dirumah. Ada banyak pilihan bentuk dan fungsi mesin kopi kalian bisa cari referensinya di online-shop atau ikuti terus web ini karena akan ada pembahasan lanjutan tentang mesin kopi

 

2. Gunakan Metode Penggilingan yang Layak

 

Saya memasukkan poin ke-2 karena itu penting dan perlu sebelum Anda dapat melakukan langkah 3 (yang sangat, sangat penting), tetapi sebenarnya itu poin yang cukup kecil dan sebagian besar peminum kopi sudah melakukannya dengan baik.

 

Kebanyakan metode menyeduh kopi biasa saja. Baik Anda menggunakan French Press, Pour Over, Moka Pot, Aeropress, atau pembuat kopi satu cangkir lainnya, ini akan bekerja dengan sangat baik.

 Mesin espresso juga keren, tetapi kedalaman seni membuat espresso sedikit di luar cakupan artikel ini.

 

Masalahnya datang dengan pembuat kopi autodrip. Jika Anda menggunakan barang bekas seharga $ 30 yang Anda ambil dari rak paling bawah di supermarket, maka Anda berada dalam waktu yang buruk.

 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Pembuat kopi murah berjuang untuk menciptakan kondisi yang diperlukan untuk menyeduh dan mengekstrak kopi dengan baik dan merupakan penghalang menuju kopi yang baik. Anda mungkin juga mengabaikan seluruh artikel ini jika Anda bersikeras menggunakan salah satunya.

 

Untuk mengilustrasikan masalah sedikit, satu masalah umum adalah suhu. Anda perlu suhu berada dalam tingkat tertentu (195-205 ° F secara umum) dan suhu itu harus tetap konstan.

 

Jika ini tidak terjadi maka ekstraksi tidak berlangsung dengan baik dan Anda tidak dapat mengandalkan mesin kopi yang menghasilkan kopi yang baik. (Saya akan membahas topik besar tentang eksraksi di bagian 3)

 

Apakah Anda Membutuhkan Grinder?

 

Pemeriksaan peralatan: Anda punya biji yang baru dipanggang berkualitas tinggi dan bahan yang layak untuk diseduh. Jadi, bagaimana Anda menggiling biji kopi itu?

 

Masalah dengan penggiling adalah menghasilkan ukuran gilingan yang konsisten membutuhkan beberapa teknik yang baik. Gerinda yang menggiling biji kopi saat berputar perlu dirancang dengan hati-hati agar potongannya berukuran rata tetapi juga tidak terlalu banyak bubuk kopi halus yang melewatinya.

 

Jika Anda belum siap, saya sarankan untuk tetap menikmati kopi yang dibeli di toko supermarket atau sekedar mampir di toko kopi independen dengan dibantu barista kopinya untuk dibuatkan, sensasi menikmati kopinya tidak terlalu terasa ya ga sih?

 

Kopi hitam akan tetap layak untuk beberapa hari dan mungkin akan untuk sekitar seminggu.

 

3. Pelajari Proses Pembuatan

 

Teh adalah minuman yang enak dan mudah untuk diseduh. Biasanya Anda memiliki kantong teh siap pakai yang dapat diletakkan di dalam mug dengan air panas dan semua senyawa lezat akan terserap ke dalam air. Setelah beberapa menit, memberi atau menerima, Anda akan memiliki minuman yang lezat menunggu Anda. Kopi tidak seperti teh.

 

Saat Anda menambahkan air panas ke kopi bubuk, senyawa dalam kopi mulai diserap ke dalam air yang menghasilkan minuman, kopi.

 

Kami menyebutnya ekstraksi proses. Ekstraksi diukur dalam TDS (Total Dissolved Solids) dan dapat dibuat dengan alat kecil yang mahal yang disebut refraktometer - meskipun Anda tentu tidak memerlukan salah satunya untuk membuat kopi yang enak.

 Cara Membuat Kopi Hitam Yang Enak

Pada tahap awal proses, banyak senyawa yang diekstrak sangat asam. TDS kurang dari 18% dapat menyebabkan minuman berasa asam karena senyawa ini, dan mungkin juga terasa encer dan encer karena tidak cukup kopi yang diserap ke dalam minuman. (pernahkan bikin sendiri rasanya asem banget atau encer banget kopinya?)

 

Pada tahap selanjutnya dalam proses tersebut, banyak senyawa yang diekstrak bersifat pahit. TDS lebih dari 22% dapat menghasilkan minuman yang rasanya pahit karena ini dan penyeduhan berlebihan mungkin merupakan penyebab paling umum dari kopi rusak.

 

Jadi, ketika Anda membuat kopi, Anda perlu memastikan bahwa ekstraksi Anda mencapai TDS 18-22% ini. Di sinilah keajaiban terjadi dan kopi Anda menjadi hidup, Anda melihat rasa luar biasa dalam biji kopi yang tidak tenggelam oleh rasa asam yang tidak menyenangkan atau kepahitan yang tajam.

 

Anda pada dasarnya bermain dengan 3 variabel:

 

1. Ukuran gerinda

2. Suhu air

3. Waktu pembuatan

 

Jadi, jika kopi Anda sedikit asam maka Anda perlu mengekstraknya lebih banyak, jadi mungkin Anda menyeduhnya lebih lama. Jika kopi Anda terasa sedikit pahit maka kopi diekstraksi terlalu banyak sehingga Anda membuat ukuran gilingan sedikit lebih kasar.

 

Apakah ini merepotkan? Iya. Dan sejujurnya, bagi banyak orang lebih mudah untuk hanya menerima bahwa kopi mereka tidak akan terasa luar biasa dan mengimbangi rasa negatif itu dengan banyak krim dan gula dan tidak ada yang salah dengan itu jika itu yang Anda suka.


Namun jika anda memang ngebet banget kepingin nikmati kopi hitam yang enak tanpa perlengkapan seperti diatas ikuti cara dibawah ini


Cara Membuat Kopi Hitam Enak Ga Pake Ribet

 

  • Siapkan gelas dan tuangkan air mineral jangan terlalu banyak, 2 seduhan saja, dan panaskan dengan suhu api yang sedang saja ya


  • Sebelum mendidih harap diingat untuk masukkan serbuk biji kopi berkualitas bagus ke edalam wadah tersebuk dan campur diaduk-aduk pelan-pelan hingga semuanya menyatu dan sudah mendidih, lalu matikan saja apinya setelah itu.


  • Sediakan tempat atau wadah yang udah dikasih alat penyaringan terlebih dahulu, setelah itu tuang kopi yang ada di wajan sebelumnya untuk proses penyaringan. Lakukan penyaringan pelan-pelan jangan terburu-buru

 

  • Siapkan gelas keramik yang menahan panas, untuk diseduh di cangkir tersebut, udah siap untuk diseduh nih, karena kan proses penyaringannya udah diatas

 

  • Kalian bisa tambahkan gula jika mau didalam gelas sesuai porsi kalian masing-masing, lalu setelah itu letakkan saringan diatas gelas, dan seduhkan kopi melalui saringan tersebut, inilah tahap penyaringan kedua agar yang tertuang didalam gelas benar-benar sari kopi hitamnya guys, dikit ampasnya


*Jadi dua kali penyaringan ya, yang pertama ketika dari wajan yang mendidih diawal, dan yang kedua ketika hendak dimasukan kedalam cangkir

 

Cara diatas bisa berhasil jika biji kopinya masih segar ya, pilihlah yang masih bagus dan segar, jangan yang udah lama disimpannya.

LihatTutupKomentar